Sabtu, 13 Juli 2013

Ramadhan Day 4 : Buka Bersama



Beberapa hari lalu, guru les sayah bertanya apa saya punya rencana untuk menghabiskan waktu di akhir pekan ini ?
Dan sayah pun menjawab, "Nope, i have not. Because i want to have my breakfasting, first breakfasting actually, with my family."

Yup, akhirnya di hari ke-4 ini saya berhasil buka puasa bersama keluarga saya...di rumah. Hal sederhana, yang saya rasa sudah menjadi barang istimewa bagi para PKI alias Pekerja Keras Ibukota.

Sejak sahur, Mama sudah sibuk nanya hari ini kerja apa libur ? Udah dijawab libur, masih nanya lagi buka di rumah apa diluar ? Dan saya bilang, di rumah.
Sorenya pas saya mandi, gantian Papa yang nanya. "Mau kemana, Mbak ? Buka diluar ya? Gak buka disini?"
Wajar sih klo Papa nanya gitu soalnya tumben anaknya mandi sore pas libur-libur. Saya pun kembali menegaskan, kalo saya bakal buka di rumah.

Meski tak ada kata terucap, sadaaaappp, saya rasa soal ingin buka bersama bareng-bareng sekeluarga di rumah ini bukan cuma keinginan saya. Orang tua saya pasti juga.
Ternyata hari ini buka bersamanya gak cuman sama saya aja, soalnya ada keluarga tante, adik mamah, beserta suami dan anak-anaknya yang juga pengen buka di rumah bareng-bareng.
Walhasil, Mama sibuk seharian bermusik dengan piring, gelas dan panci tapi sambil senyum-senyum. Saya rasa doi diam-diam girang keluarganya kumpul.

Cuman adik sayah aja, yang emang gaul banget, ga bisa buka di rumah. Mama gak seneng tuh, buktinya pas adik saya pamit dia kena sompret dan omelan Mama yang aduhai panjang tanpa akhir itu..hihihihi

Berbagai makanan pun disajikan di meja, dan ditiker. Bergelas-gelas teh manis, cake red velvet sisa ulang tahun Papa,setoples kurma, lontong, pastel, sebaskom es cincau lidah buaya, kue-kue kering. Subhanalloh nikmatnya, tapi saya cuma bisa meneguk teh dan makan ubi aja hahahahahha kan lagi diet.

Begitu bedug magrib bertabuh, semua duduk meriung di tikar dan tukar obrolan. Apalagi ada si bocah-bocah yang baru belajar puasa...ngelafalin doa berbukanya masih tebolak-balik. Bukannya Allohumma Lakasumtu malah jadi Allohumma Lakatumsu, tawa pun meledak di rumah yang sempit dan sederhana banget ituh.

Ini, menurut sayah, salah satu nikmat Ramadhan yang jarang kita temui di waktu-waktu lain. Berkumpul bareng keluarga, sesibuk apapun kita..kehangatan itu selalu bisa dijumpai di rumah. Mungkin dengan kesibukan kita, yang mengaku generasi muda, kita berpikir banyak soal masa depan, bangsa, negara, pekerjaan atau apapun lah. Tapi, orang tua kita itu cuman ingin lihat satu sebenarnya, anaknya ada untuk menemani mereka.

Tabik.

1 komentar:

Efi Yanuar mengatakan...

Aduh Gusti, air maa fw meleleh baca tulisan lo. Bener banget inih, family always comes first. No matter what. Perasaan aman dan nyaman di rumah itu enggak bisa ada yang ngalahin yah.

Selamat berkumpul dengan keluarga.