Senin, 09 Juli 2012

Saya dan Kista (II)

Ternyata, postingan terakhir gue soal kista banyak yang klik.. hehehe
Postingan itu sengaja juga gw twit untuk berbagi informasi mengenali gejala kista sejak dini. Dari twit dan postingan blog itu, banyak pertanyaan terus diajukan pada gue. Jujur, untuk menjawab secara medis gue bukan ahlinya, ini cuma berdasar pengalaman aja.

Jadi mari kita lanjut kisahnya, sekaligus menjawab pertanyaan kawan-kawan semua
ini kira2 gambaran ovarium yg terkena kista


Sehabis operasi, gue berasa seperti orang lumpuh. Penuh selang menn dimana-mana, selang infus, selang oksigen, selang darah, selang untuk saluran kencing..karena gue gak bisa bangun. Males abis dah inget-inget masa horor itu -___-"

Hari ketiga semua selang dicabut, kecuali infus. Dan gw dipaksa belajar bangun, dari tidur ke duduk, duduk ke diri. Buat orang normal itu biasa aja, tapi buat yang perutnya abis disobek-sobek...behhh...setiap gerakan memicu jeritan. Tapi akhirnya gw bisa!!

Pulang ke rumah masih didorong-dorong pake kursi roda, sampe rumah jelas masih diberondong pertanyaan oleh tetangga kanan kiri dan temen yang besuk. Baru seminggu dari RS, gw udah harus balik ke Semarang. Jalan aja masih pelan, terus ya itu tiap ketemu temen pasti nanyain kan,"Gusti kenapa?","Sakit apa, terus nanti gimana ?"

Ya, dengan senyum, gue pun mencoba menjawab pertanyaan semua itu. Gw jelaskan bahwa gue kena kista, tumor yang hampir jadi kanker, indung telur gue diangkat. Dan mereka semua pun memasang muka ibu, waktu itu sih gue cuma bilang gak apa-apa. Tapi tau gak, tiap lihat muka dan mimik iba itu, gw maless karena perihh!! Gue gak suka dikasihani orang-orang karena makin dikasihani gue merasa "Emangnga gue semalang itu ya?!!"

Jujur, gue mencoba melupakan bahwa gue berbeda dari sisi organ reproduksi dengan wanita lainnya, hingga saat ini.

Tapi terus gue gugling, gue searching, gue browsing. Banyak wanita yang terkena kista sukses dan bisa memiliki anak!!! Jadi kemungkinan itu masih terbuka lebar buat gue.

Begitu pula juga kisah banyak yang terkena kista, berukuran kecil biasanya, bisa mengempis, sembuh dan hilang kistanya asal disiplin berobat.  Jadi, kista memang berbahaya tapi kita bisa mengalahkan kista!

Berikut beberapa pertanyaan yang banyak diajukan soal Kista.

1. Gus, kalo diangkat indung telur itu apa akibatnya ? Well, indung telur kan ada sepasang alias dua biji. Jadi sama kaya ginjal, meski cuma satu yang ada tetep berfungsi, cuma memang mungkin gak optimal. Indung telur ini untuk menghasilkan sel-sel telur yang akan dibuahi oleh si sperma, klo spermanya gigih dalam pembuahan gue yakin sejauh apapun sel telur pasti akan bisa dibuahi juga ...Amin!

2. Emang bahaya kista apa aja ? Tergantung, klo kistanya membesar seperti yang gue alami itu, ya mau gak mau harus ada pembedahan indung telur. Ada juga yang mengalami, kistanya ini menutup jalan sperma ke indung telur jadi susah untuk proses pembuahan. Yang pasti kista itu kan penyakit ya, gimanapun harus kita basmi untuk kebaikan organ reproduksi kita.

3. Gejala-gejala kista apa aja ? Klo kecil mungkin gak berasa, tapi gejalanya mulai dari biasanya haid tidak teratur dan nyeri/kontraksi yang luar biasa. Klo udah punya gejala-gejala itu gak ada salahnya untuk cek ke dokter kandungan untuk USG dan jangan malu!

Meski udah diangkat atau hilang, bukan berarti Kista itu musnah gitu aja dan gak nongol lagi. Apalagi untuk yang udah pernah kena, aduhhh..... mereka bisa datang kapan aja kalau kita gak hati-hati.

Ukuran kista ini bisa mengecil kalo kita disiplin hidup sehat dan jaga pola makan, ini yang paling penting. Misal kalian udah USG, terus gak mau operasi, dan gue juga menyarankan jangan buru-buru operasi, bisa lohh ditekan kistanya. Cuma ya itu, harus tahan untuk gak makan-makanan enak..

Berikut jenis makanan yang pantang dimakan orang-orang yg terkena Kista ;
- santan, alpukat, kuning telur
- seafood
- fastfood
- gorengan (bila menggoreng lebih baik menggunakan olive oil/minyak zaitun)
- susu sapi (ganti dg susu diet, misalnya WRP)
- susu kedelai, termasuk tahu tempe
- jeroan
- makanan2 manis, termasuk buah2an, misalnya lengkeng, rambutan, mangga.

Terus begitu liat list ini, salah satu temen gue nanya. "Lah pantangannya banyak bener, lo makan apa dong Gus ?" hehehhehehehe

Semoga ini membantu kawan-kawan, gue sih mengambil segala hikmahnya aja dari tiap peristiwa. Jujur, gara-gara kista ini juga terkadang membuat gue ketakutan kalo berbicara soal pernikahan. Gue selalu bertanya-tanya, dulu, apa nanti calon suami gue mau terima keadaan gue setelah mengetahui kejadian ini ? Bahwa gue incomplete organ reproduksinya :D
Itu juga , yang membuat gue menahan untuk tidak banyak bercerita soal kista ini selama hampir 6 tahun.
Tapi semuanya sekarang gue ikhlasin aja, Insya Alloh...jawaban Alloh itu yang terbaik .. Aminnn....
dan belajar ikhlas itu gak mudah loh, gue perlu sedih dulu bertaun-taun hingga akhirnya sekarang bisa menyatakan itu dengan bangga di blog gue.

Gudluck buat semua, jangan takut, jangan ragu! Ayo segera cek organ reproduksi kalian :)

7 komentar:

romi nendra mengatakan...

*SEMANGAT ya*
Gua & kawan" sLaLu dukung & doa buat kbaikan loh.
ALLAH telah memberikan yg terBaik buat Hamba 'nya yg Baik & lalu berSyukur

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

lovelyshayla mengatakan...

Halooo semua readernya gusti..
gw lah si senior kampus yg diceritain gusti.
sebenernya lebih banyak lagi pantangannya. misalnya kecap! notabene adalah produk kedelai yaaa.. wakakaka.. hampir semua masakan indonesia pake kecap. Santen apalagi. sekali lagi: hampir semua makanan indonesia pake santen. semua jenis telor juga sebenernya. terus daging merah juga ga boleh sih. haiisshh.. jadi paling makan ikan2an di pepes atow di sup aja.
desprate menu. hahaha..

Semangat yaaa bagi semua kista surviver semua! kita pasti bisa sembuh dari si kista jelek ini. yeah..

pengoatan altrnatif kista mengatakan...

wis,,, ikut menyimak infonya gan,,,

Anonim mengatakan...

cuma mau share,,walo telat bgt hehe.sebulan yg lalu saya abis operasi kista.awalnya sempet shock jg msh ragu ga mau operasi mengingat blom menikah heheeu.tp krn kistanya uda besar ya mau ga mau hrs operasi.alhamdulillah berjalan lancar. pasca operasi dokter malah nyuruh makan yg bnyak terutama yg mengandung kalori dan protein spt telur, daging, ikan, kaldu dan tempe tahu gtu.malah gak ada pantangan kecuali tentu saja penyedap pengawet dan pewarna makanan jauhkan dari pikiran hehe.tetep semangat smuanya! #apasih ckck

Anonim mengatakan...

Halo kak,
Aku juga penderita kista ovarium, terakhir kali usg ukurannya sekitar 8cm. Umurku sekarang jalan 15 tahun, masih smp mau un hehe. Doain ya kak semoga aku bisa berjuang sampe sembuh seperti kakak! Aamiin ya allah

Mutia mengatakan...

mau nanya dulu kista ovariumnya tipe apa ya? musinosum?serosum? aku menginjak umur 21 tahun persiapan operasi untuk 16 mei nanti. Aku ga merasa sakit di perut cuman masalahnya frekuensi pipis aku cepet banget, baru pipis udah mau pipis lagi, akhirnya usg dan ini lah jawabannya. Aku di diagnosis oleh dokter kista ovarium tipe musinosum tidak boleh laparoskopi harus di laparostomi dengan diferensial diagnosisnya miom berdegenerasi kistik tp hanya bisa dibedakan dengan pisau operasi nanti. Beberapa minggu Menjelang operasi takut sekali krn kemungkinan besar jika benar kista bukan miom diangkat juga indung telurnya, bener bener perasaan incomplete yang aku pikirin :(

Anonim mengatakan...

kista ovarium ke mitra keluarga saja ke dokter yahya atau dokter bili insyAllah kistektomi, pengambilan kistanya saja ovarium di tinggalan. saya dilakukan kistektomi, memang kista ovarium saya tidak sampai terpuntir tp lebih baik cari banyak banyak pendapat dokter.