Minggu, 15 Desember 2013

Melawan Jerawat di 2013

Well, di tahun 2013 ini ada beberapa peristiwa yang sepanjang hidup saya baru kali ini saya alami. Diantaranya : jerawatan.
Ampun deh sama yang satu ini, sejak masa puber biasanya ini kulit muka bandel-bandel aja. Bahkan waktu tinggal di Semarang yang panasnya ampun-ampunan dan debu-debuan terus...ga pernah tuh jerawat nempel sampe segerombolan. Yah paling satu ato dua biji jelang haid, abis itu ilang lagi.

Nah, ini ga tahu kenapa, sekitar tengah tahun lalu jerawat datang secara berjamaah ke muka saya T.T. Musabab pastinya masih belom ketahuan sih, tapi saya curiga ini gara-gara ganti pelembab dan pembersih muka. Awalnya, sedari SMP saya pakai clean n clear yang ada scrubnya. Khawatir kulit menipis karena scrub, coba ganti ke produk lain dari jepang ituuhh..terus ga cocok karena kulit jadi kering.

Begitu kulit kering, coba ganti lagi sama produk sabun yang tinggi kandungan shea butter. Sehari dua hari okey, kulit mulai lembap lagi. Sayangnya, sabun ini ga punya efek membersihkan yang tinggi. Walhasil di hari ke empat mulai datang tuh jerawat dan kawan2nya.

Habis itu, saya dinas ke Malaysia,  cuma dua hari. Tapi lupa bawa pembersih, pelembab, dan sunblock. Nekad jalan-jalan panas-panasan, jadilah muka ini ibarat kampung buat jerawat. Segala jerawat ada, jerawat batu, jerawat nasi, bruntusan, dan lain-lain. Ya ampunnn, rasanya dihinggapi jerawat di seluruh muka itu gimanaa gitu. Malu, gak enak dipegang dan di elus-elus, dan ngerasa kotor aja ini muka.

Jujur, saya paling takut ke dokter muka karena pas browsing-browsing rata-rata hasilnya seperti ada efek ketergantungan. Begitu stop obat dokter, jerawat datang lagi. Banyak yang nyaranin produk2 dokter kulit yang dijual bebas, beberapa kasih contoh berhasil. Cuma ngeluarin Rp 200 ribu sebulan buat beli paket sabun dan krim pagi-malam, siapa coba yang gak tergoda. Tapi saya ogah, takut beli obat sembarangan.

Akhirnya saya browsing terus, dan lumayan kebantu dengan melihat tulisan-tulisan para blogger kecantikan. Utamanya My lovely Sister , di situ dia nekenin untuk menghilangkan jerawat kuncinya cuman satu, yaitu perawatan!! Dan saya pun mencoba menerapkannya.

Di bawah ini perbandingan kulit wajah saya, sebelum dan sesudah perawatan. Maaf ya kalau gambarnya agak mengganggu mata T.T. Di sini keliatan bedanya , mulai dari jerawat dimana-mana dan pori2 yang membesar perlahan mulai hilang :)



Untuk bantuan darurat membersihkan wajah dan mengurangi jerawat di tahap awal, saya pakai sabun Gen Java , lumayan ngebantu banget. Tapi produk ini ga bisa bekerja sendiri, saya pakai produk ini sekitar dua bulanan. Habis itu stop dan balik ke pembersih biasa.

Setelah itu, saya melakukan perawatan rutin dengan produk-produk berikut. Agak ribet sih, tapi semua demi kulit wajah yang kembali aduhai..ihihihi


1. Evian Facial Spray
Biasanya saya semprotkan di sela-sela aktivitas, menjaga supaya kulit tidak kering atau sehabis panas-panasan dan terkena debu. Kalau habis panas-panasan dan kena debu, langsung diusap dengan tisu supaya kotorannya keangkat. Saya pakai produk ini, karena muka saya ga bisa pakai tisu basah. Habis, tisu basah rata-rata mengandung alkohol dan kulit saya sensitif ama yang satu itu. Evian ini kandungannya cuman air , terus apa bedanya ama air biasa ? Air di Jakarta itu ternyata kotor bangettt.. Pernah coba cuci muka, udah pakai sabun, terus habis itu semprot pakai Evian dan lap pakai kapas..jeng jengg....itu kapas masih kotor dong. Padahal mukanya abis dicuci T.T, itulah kenapa saya pakai Evian. Lagian facial mist yang lain juga mengandung alkohol T.T ..sedih deh pokoknya kalo punya kulit sensitif begini.

2. Shu Uemura Cleansing Oil
Bersihan muka pakai minyak ? Ternyata ini efektif banget, meskipun muka kita berminyak tetapi kotoran wajah tetap bisa diangkat maksimal. Biasanya saya pakai ini kalo lagi pakai riasan berat, misal pakai BB cream atau fondatian buat riasan formal yang tebel-tebel itu, pakai ini lebih efektif buat make up remover loh. Cukup diusap-usap pakai tangan, terus dibilas pakai air biasa. Bersih dah.

3. Clean and clear Facial Wash
Yah, namanya orang udik kayanya belom cuci muka kalo belom ada busa. Saya pakai ini buat double cleaner, balik ke pembersih wajah jaman SMP dulu. Pakainya sebentar saja, ga usah digosok terlalu keras ke muka, kasihan nanti kulitnya.

4. Nivea Visage Refreshing Toner
Usai bersihin muka, buat bersihin sisa-sisa kotoran yang menempel dan menyiapkan kulit wajah untuk menyerap pelembab dan lainnya, biasanya saya usap dengan toner. Toner ini saya pakai bergantian dengan Evian facial spray. Milih toner ini mesti hati-hati, kalo kandungan alkohol terlalu tinggi nanti muka bisa meradang lagi. Sejauh ini toner keluaran Nivea ini masih oke dan bisa diandalkan hehe

5.SK II / Missha Facial Treatment Essence
Bisa dibilang produk ini yang paling efektif buat usir jerawat dan bekas-bekasnya. Awalnya saya pakai SK II, dan hasilnya langsung keliatan dalam beberapa minggu. Dipakai setelah bersihin wajah, cukup tiga-empat tetes aja dan ditepuk-tepuk ke muka. Karena SK II ini ampun-ampunan mahalnya, pas habis saya coba cari produk serupa dan salah satunya adalah Missha Facial treatment essence. Emang sih efeknya ga sedahsyat SKII tapi lumayan lah untuk menghapus bekas jerawat dan melembabkan kulit wajah.

6.Olay 7 Total Effects
Olay ini emang pelembab saya dari dulu, pas diganti malah jerawatan hahahaha. Jadi balik lagi, tapi kali ini produknya ditingkatin jadi pakai yang total effect. Tujuannya satu, buat hilangin bekas-bkeas jerawat dan sampai saat ini masih oke-oke aja.

7. Wardah anti acne powder
Nah, buat bedak sengaja cari yang aman buat kulit jerawatan dan alhamdulillah produk lokal yang satu ini cocok cocok aja. Hehehehe

8. Beach Hut Ultra Sensitive Hypoallergenic Sunblock for Face with SPF 65
Hahaha dibaca dari nama produknya aja udah jelas kan kenapa saya pilih produk ini buat sunblock. Pengalaman setiap panas-panasan bisa bikin kulit muka ngamuk-ngamuk. Nah, sekitar sebulan lalu waktu memutuskan berlibur ke pantai, terpaksa cari sunblock yang kira-kira aman buat muka di drugstore setempat. Alhamdulillah yang ini cocok bangett...., saya pakai ini kalo mao ada agenda panas-panasan aja. 

9. Body Shop Tea Tree Oil
Sampe saat in, utamanya jelang menstruasi, jerawat masih ada yang nongol dua atau tiga biji. Pakai ini, lumayan bisa ngempesin jerawat. Cukup dioles di tempat jerawatnya dan diamkan, beberapa hari kemudian ..hilang.

10. Laneige Water Sleeping Pack Ex
Ini perawatan khusus malam hari aja, mestinya dipakai seminggu dua kali. Tapi saya doyan ama produk satu ini, hahahahaha jadi kadang dua hari sekali dipakai. Tiap pakai ini, kulit wajah pas bangun tidur enak banget!! Recommended banget yang satu ini mah.

 Sejauh ini produk-produk tersebut cukup efektif mengurangi dan menghapus bekas jerawat di kulit wajah saya. Jadi ini cocok-cocokan ya, belum tentu di saya cocok di kalian cocok juga. Terus kalo diliat-liat kok kayanya ribet amat ya, yah namanya juga pengorbanan. Tapi ini ga seribet yang dibayangkan kok, lagian saya emang nekenin di perawatan dasar dan kurang suka buat mempertebal riasan. Cuman pakai bedak, terus caw deh berangkat kerja.

14 komentar:

Tatz Sutrisno mengatakan...

Pas banget nih, pas gw besok mau ke pantai eh lo posting ginian...thanks ya gus :D

Tatz Sutrisno mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Gustidha Budiartie mengatakan...

Ini gw posting dua-duanya tatz sebagai apresiasi hahahaa iya soalnya komentar gw set di moderasi dulu sblm di publish

Tiari mengatakan...

Salam kenal..

Terima kasih atas reviewnya, bermanfaat sekali.. :)Mau tanya,

"Toner ini saya pakai bergantian dengan Evian facial spray"

maksud gantiannya gimana ya?

Saya pengen coba evian dan SK II, kan bahan dasarnya sama-sama air? Jadi pakainya yang mana duluan ya?

Makasih..

Ijin follow blognya ya, :D

Gustidha Budiartie mengatakan...

Halo Tiari,

Iya aku lebih sering pake tonner setiap habis cuci muka. Nah kalo lagi ga ada toner, facial spray bisa jadi penggantinya hehe.

Aku kalo pake Evian biasanya setelah pake SKII. Evian ini makenya bebas aja sih, aku lebih sering pake kalo pas lagi ga ngapa2ain malah. Misal pas lagi kerja, karena kena Ac terlalu lama langsung aja semprot. Atau pas habis panas-panasan buat dapat efek sejuk ^^

Tapi semua itu kembali ke kulit masing-masing, karena tetep cocok-cocokan ujungnya.

mariana mengatakan...

Halo...salam kenal

Bagi pengguna evian spray, aku mau kenalin alat dr jepang namanya nano spray. Alat ini bs direfill sm air O2 atau evian water. Fungsinya untuk mengubah ukuran molekul air menjadi super kecil, ukuran nano shg bs masuk ke pori2 dan menutrisi kulit.

Aku sdh pake selama 1,5 thn dan efeknya kulit jd cerah dan rasanya seger bgt.
Nano spray yg aku jual asli dan ada garansinya.

Kalo tertarik dan mau tanya2 bs lwt WA atau sms di 081288882517




rika sartika mengatakan...

Dlu saya juga sama mba pakai perawatan yg segitu banyak, sekarang alhamdulillah wajah mulusluslus dengan nano spray+magic stik. Ini pengalaman priabadi saya loh mba, skrg hanya pakai nano spray, sunblock, facial wash, wajah udh sll okey :) kl mau tau atau mau tanya bisa invite pin:22EC6EB2

Indah Dwi Lestari mengatakan...

Hallo, salam kenal..
Mau tanya FTE SK II dan Laneige dipakainya bergantian selang-seling atau ditimpa? karena sama2 dianjurkan malam hari sebelum tidur..
Aku berjerawat, baru sebulan coba pakai FTE SK II dan kayaknya tertarik sama Laneige juga hehe..

Thanks in advance :)

Gustidha Budiartie mengatakan...

Halo Mb Indah, sebenernya pake FTE aja gapapa kok. Fungsi laneige itu sebenernya seperti masker, tapi karena waktu itu muka saya lagi kering bangetttt....jadi saya pake setelah pake FTE dan biasanya memang bener2 pas mau tidur aja.

lissa mengatakan...

mba beli SK II nya dimana. pengwn dh

Gustidha Budiartie mengatakan...

Halo Lissa,
SKII ada di mana2 kok, di mal2 besar biasanya ada. Atau cari onlen aja di Lazada

Aprillia Fransisca mengatakan...

ternyata merawat tubuh itu nggak sulit ya :)

Anonim mengatakan...

Klo skii disanding sm nano spray mkin bgs g mba?

Sasa Stefani mengatakan...

terimakasih informasinya mengenai cara menghilangkan jerawat :) sangat bermanfaat sekali ^^