Kamis, 07 Oktober 2010

PUSKESMAS *Pusat Kesehatan Malas* Jakarta

Well, tampaknya tidak bisa menahan diri untuk tidak menulis....

Kejadian ini saya alami pagi tadi, eh kemarin deng masuknya.. (maklum akibat profesi, orientasi waktu saya kacau balau).

Begini kisahnya, sayah ditugaskan untuk melamar sebuah pekerjaan yang bertujuan memberikan pengabdian kepada negara. As you know, buat lamar kerjaan macam PNSan gitu kan syaratnya ribetttt bangettt..ngettt...

Keterangan belom kawin lah, Surat Keterangan Cakap kelakuan dan Paras lah, legalisir ini itulah...akehh deh pokoknya, dan salah satunya adalah Surat Keterangan Seksi (Sehatt Sih sebenernya, tapi sehat itu kan seksi, hhehe). Nah berhubung saya sukanya yang mendadak, jadi sepagian itu saya repotlah mengurus ini itu, mulai dari pengantar RT (yang untungnya emak sayah sendiri, jadi mau digebrak2 kapan aja juga bisee ^^v), pengantar RW (yang di tempat sayah lagi diboikot ama warganya, Nah Lohhh), pengantar kelurahan..dkk

Intinya, usai urus surat gono-gini..saya mesti bikin satu surat lagi, yaitu SKS yang dilegalisir oleh Rumah sakit Pemerintah (Cipto) atawa Puskesmas..yah sayah pilih Puskesmas dong, deket murah dan gak ribet, pikir saya.

Melaju dengan ojek, pukul 11.00 tiba di Pintu Puskesmas di kawasan paling elit di Jakarta tempat Obama menghabiskan masa kecilnya di Indonesia dan ada tamannya *jelasss kannnn*.
Dan di meja kasir, sudah ada papan yang bertuliskan kata "TUTUP"...hahhh!! seakan tak percaya, daku tetap nekat masuk puskesmas itu.

Daku : "Misiii, spadaaaa... "
Mas2 : "ya , mbak"
Daku : "Mas ini masih buka kann ?" -> ragu2
Mas2 : "Yah udah tutup mbak, emangnya mbak gak bisa baca tuh di kasir?"
Daku : - Kampretttt , emangnya ente kire ane kagak masup teka apee?!!-
"Iya , tapi gerbangnya kan masih dibuka, saya masuk aja..berarti masih bisa dong," *pura2 manis*
Mas2 : "Emang mau apa sih?" *mulai jutek*
Daku : *Gw mau bacokkk loo!! kamprett..emosi dahh* "Mau bikin SKS mas, buat lamar kerja nih, bisa yaa soalnya ini hari terakhir," -emosi tapi tetep keluarin jurus rayuan maut yang bener2 bisa berakibat maut klo gak dikabulin sama tuh mas-mas!!-

Mas2 : "Bentar saya tanya dalam dulu,"
Daku : - cengok!!- 5 menit
Mas2 : "Bisa mbak, nanti masuk aja langsung,"
Daku : "Makasih mas,"

- Penasaran, lalu lanjut bertanya soal mengapa ini Puskesmas tutupnya cepet amat-

Daku :"Mas, lagian kok tutupnya cepet amat sih, Jam 11 siang gini udah tutup,"

Mas2 : - menjawab dengan datar , santai ke arah bangga- "Iya dong mbak, kita kan bukanya dari jam 8 pagi,"

Daku : Bengong!! Nyebur ke Kali , berenang ke dalam, ambil buaya..bawa ke mas2nya biar bisa digraokkk ama tuh buaya!!!
Daku : "Hah, Kamsud lo apaaan??? Buka Jam 8 Jam 11 udeh bisa tutup!!!! Kerja apaan 3 jam doanggg...udel lo bodongg!!!!! lo kagak tahu apeeee?!!! Kitee nih kerja jungkir balik dari jam 8 pagi bisa ampe subuh malahhhh..apa-apaan nihhh jadwall!!!" *tapi itu semua hanya jeritan dalam hati sayah _ _", berhubung sayah butuh itu surattt*

- jadinya yang keluar dari mulut saya hanya....

Daku : ooohhhhhhhh *dimana dalam setiap hurufnya terdapat sekodi kutukan!!*
Mas2 : *ngejawab lagi* "Iya mbak, makanya kalo kesini pagi-pagi, lagian orang kan kalo berobat pagi-pagi lebih bagus," *Logika gak nyambung cuy*
Daku :ooooooooohhhhhhhhhh *dimana dalam setiap hurufnya terdapat ratusan kutukan dan makian*
---

Begini sodara-sodara sekaliannn, haduhhh saya paham kok, mungkin karena itu daerah elit jadi pasti jarang yang berobat ke puskesmas itu. Yah, coba bayangin aja ente klo Obama berobat di Puskesmas..gak mungkin kannn, lagian Puskesmas itu juga kan gak menyediakan fasilitas untuk penyakit orang kaya..macam rontgen, ct scan, dvd, Tv plasma, dkk

tapi eh tetapi, tetepp aja kaleee kagak etis klo kerja cuman 3 jam doang!! Itu sangat tidak adill!!
Mereka bekerja 3 jam, sementara bagi sebagian orang seperti sayah misalnya, 3 jam itu bisa jadi jadwal tidur dalam sehari..
dimana saat mereka bekerja dari jam 8 pagi sampe 11 siang, masih ada orang seperti saya dan kawan-kawan yang bekerja dari jam 8 pagi sampai 11 malam, itu semua demi negara bung !!! Merdekaa!!

jadi saya himbau kepada Depkes atau yang ngurusin inilah..supaya memantau kinerja pegawainya, jangan sampe mengundang kecemburuan sosial, terutama dari saya, yang mengakibatkan doa-doa buruk dilimpahkan kepada instansi bapak ibu.

Ini adalah fenomena yang harus segera dibenahi, okee..saya gak mau komentar lagi deh, cuma menceritakan saja.

----

usai saya terima SKS dari Puskesmas elit itu, saya pun menghampiri tukang ojek langganan saya. Saya menceritakan semua yang tadi saya alami di puskesmas itu. Lantas tukang ojek itu pun berkata,

TO : "Jah mending klo dah buka jam 8, pernah anak ane sakit jam setengah 9 aja belom buka, tapi tutup tetep jam 11,"

Daku : --semaputttt!! 2,5 jam kerja doanggg?!!!-- "Ya Allah, tolonglah Indonesia ya Allah....jangan jadikan pegawai Puskesmas ini lalai dalam bekerja, kalo gak..bukakan hati pengurus negara untuk potong gaji mereka Ya Allah, Aminn."

XOXO
GUSTIDHA

Tidak ada komentar: