Rabu, 11 Maret 2015

Problematika Handphone Baru

(Penting banget sampe ditulis di blog)
(Tadinya mau ditulis di atas batu, tapi khawatir jadi prasasti)

Okeh, tadinya gue mau sok-sokan nulis review hape ala pakar gadget yang bahasanya sangat mesinisasi. Penuh dengan istilah teknologi terkini tapi sulit dimengerti.
Yah tahulah bahasa semacam giga, pixel, OS, dual sim, GHz, quad core, dan istilah lainnya. Tapi gue bukan pakarnya, serahkan itu semua pada tabloid pulsa saja. Tabloid yang baru kita baca sewaktu pengen beli hape baru atau jual hape lama.

Sampe sekarang aja gue gak paham, kenapa Android mesti dinamain pake nama-nama makanan. Android  Ice Cream, Jelly Bean, Android Kitkat, dan yang terbaru Lollipop. Semuanya makanan manis. Berhubung versi berikutnya pasti pake “M” dan pasti makanan manis lagi, gue bertaruh Android berikutnya bakal bernama Android Martabak (keju, kacang, coklat).

Kebetulan hape gue yang lama rusak, udah lama banget. Pengen ganti tapi gak ada duit, pengen pake hape kece tapi ga sanggup beli yang mahal. Jadi hampir 3 bulan ini gue riset mendalam, kira-kira hape apa yang harus gue beli ? (dan kira-kira siapa yang bersedia minjemin kartu kreditnya buat gue..haha)

Seorang kawan menyarankan LG G3 , hape yang lagi ngehits di Korea dan banyak dipake di drama-drama. Harganya luar biasa Rp 6 juta ke atas. “Wah gue bisa beli ini juga sebulan makan mie instan terus Mba di Korea, jadi duit dinas gue sisa banyak,” ujar kawan gue jujur.

Itu hape emang kece banget, tapi prinsip gue dari dulu itu gak mau beli hape di atas Rp 5 juta. Gak guna. Hape itu kan intinya sarana komunikasi, nah kalo harganya sampe Rp 7 juta atau Rp 10 juta, artinya udah setara dengan harga motor yang sarana transportasi. Kalo motor bisa awet sampe lima taon, nah hape setahun aja pasti udah rewel. Jadi harganya itu sudah berlebihan menurut gue.

Riset sekian lama, gue tergoda pada 3 merek hape dengan berbagai alasan. Pertama Iphone 4s yang 8 giga karena gue bisa sekalian dapat charger baru buat Ipad gue yang udah uzur.

Kedua Xiao Mi , tapi ini susah barangnya. Ketiga adalah Asus Zenfone.

Dua merek terakhir harganya sangat masuk akal dan kualitasnya juga udah banyak yang memuji. Untuk handphone sekitar Rp 1-2 jutaan, mereka bisa punya spesifikasi persis dengan hape merek Korea yang harganya Rp 3juta-Rp 4jutaan itu.

Jadilah gue jalan-jalan ke mal tetangga , keliling-keliling liat hape. Sampe akhirnya di gerai kelima yang kami kunjungi, gue memutuskan untuk beli hape Asus aja.

Alhamdulillah, keluar toko handphone gue udah punya hape baru merek Acer.
LOH ??!

Ini kira-kira penampakan hape yang saya tergoda ituh

Niat hati beli Asus, yang terbeli justru Acer.
(Niat hati pengen kurus, jadinya malah makin bunder) – curcol dikit


Serius, gue udah mau beli Asus tadinya. Sebelum mas-mas nawarin Acer dengan iming-iming ; Mbak ini kameranya 8 megapixels loh.

Jiwa alay gue mulai terusik, asik tuh buat poto-poto kan. Tapi gue masih bertahan.
“Ah gak mau, ACER kan dikenal gara-gara Agak Cepet Rusak.”

Mas-nya nyengir. “Tapi Mbak ini memorinya 16 giga.”

Wah, pikir gue, lumayan buat nyimpen video ama film di hape.
Mas-nya mulai melihat tanda lemah iman gue, dan keluarlah rayuan pamungkas.
“Dan baterainya ini lebih tahan lama, Mbak.”

Ting!!! Ini yang gue butuh. Belilah gue hape itu.

Promo si Mas-nya ternyata gak bohong, baru kali ini gue pake hape android yang dichargenya cuma butuh dua jam tapi bisa dipake seharian! Misal gue charge sebelum tidur, jam 12 malam selesai. Besok malam jam 10 baru gue isi lagi baterainya. Dahsyat!!

Tiga hari berturut-turut tiap gue ketemu orang, gue selalu pamer kedahsyatan baterai telepon genggam gue ini.
Bukan apa-apa, karena emang cuma itu yang gue tahu.

Gue baru sadar di hari kedua kalo handphone ini punya teknologi kamera yang bisa ambil gambar panorama, setelah temen gue iseng-iseng utak-atik bagian kamera.
Dengan begoknya gue takjub , “Wuohhh bisa ambil gambar begini ya ?”
“Lah gimana sih, kan elu yang punya hape,” kata kawan gue itu.

Masalah gak berhenti di situ, hape lama tetap gue pake jadi gue mau tidak mau punya dua nomor untuk dikontak.
Banyak yang bilang sombong, gaya, dan lainnya. Nah ini pada gak paham akar masalah.
Setiap ngetik di hape baru, teks yang nongol secara otomatis akan diprediksi oleh si hape ini. Gue gak suka ketikan gue diramal.
Misal waktu gue mau ngetik : harga beras naik
Si Hape dengan sotoynya meramal gue mau ketik : harga beras baik
EMANG KAPAN HARGA BERAS PERNAH JAHAT SAMA AKUHHH ?? *emosi

Masalah ga berhenti sampe disitu, kadang-kadang ini ketikan suka inisiatif jadi huruf gede semua.
Nah kalo gue ngetik ama anak-anak kantor ini kerap jadi salah paham.

Misal tadi gue ngetik ; iya gue maunya sih begitu, tapi MEREKA kan susah juga.
Gara-gara ngetik MEREKA gede-gede, kesannya gue lagi emosi sampe temen gue mencoba menenangkan di grup whatsapp.

Gue bahkan dibilang berubah oleh si Dedet dan Si Ayu, temen sekantor, gara-gara capslock sotoy si hape itu. “Gila si Gusti sejak naik jabatan sekarang kalo ngobrol pake Capslock, intimidatif.”
Kampret bener K

Pas gue bilang gue gak sengaja, mereka gak percaya. Sampe akhirnya gue serahkan hape ke oknum-oknum tersebut yang mencoba ngebenerin settingan ketikan gaya ahli nujum itu. “Gak bisa Mbak gue, he eh euy. Gue pikir lo berubah, Mbak. Hahahaha.”

Sial.
Menurut loe berhenti di situ ?
Sepekan ini tiap ada telepon masuk, selalu gue balas dengan teks whatsapp atau sms. “Sorry tadi lagi ga bisa jawab telepon.”

Percayalah, yang gue maksud gak bisa jawab telepon bukan karena gue lagi sibuk atau apapun itu. Tapi emang gue BELUM BISA JAWAB TELEPON karena gak tahu caranya!! Mati kan lo.

Puncaknya adalah tadi sore, pas si Rangga nelepon..sampe tiga kali baru bisa gue jawab. “Buset lama amat sih Lo angkat telepon, sibuk amat sekarang.”
Gue jawab karena gue gak tahu caranya jawab telepon, dia malah ngakak. Dia beruntung padahal, saat itu teleponnya berhasil gue jawab karena di sebelah gue ada si Ayu yang memberi tahu caranya. Parah banget kan gue gapteknya ????
Sementara gue jawab telepon, si Ayu dan Dedet yang kebetulan lagi di taksi barengan malah ketawa ngakak.
“Parah banget sih Mbak Gus, seminggu pake hape baru gak tahu caranya jawab telepon,” kata Ayu.
Yah abis gimana, tiap ada panggilan biasanya kan ada warna merah dan hijau. Nah di Acer ini ada warna merah, putih di tengah, dan hijau.
Gue pencet-pencet ampe bego tuh yang warna hijau, tapi telepon gak kejawab juga. Ternyata itu yang warna putihnya kudu ditarik ke arah merah (buat nolak) atau hijau (buat nerima). Makjang.

Jadi gue harap sekarang kalian paham
Kalo gue ngetik tiba-tiba pake huruf gede, bukan berarti gue lagi emosi. Emang hapenya yang sotoy.
Kalo gue ga angkat telepon seminggu ini, bukan berarti gue sombong. Sebab gue baru tahu caranya jawab telepon barusan (thanks Ayu).

Nah kalo gue punya dua nomor dan hape, bukan berarti gue songong atau gaya. Itu karena gue belum bisa mengatasi segala hambatan menggunakan hape baru.
Sekian


1 komentar:

Anonim mengatakan...

Ngakak!