Minggu, 28 April 2013

Kisah Perawan Tenabang di Negeri Jiran

Pada suatu pagi di Bulan Maret, saya mendapat pesan singkat dari Sekred soal tugas liputan keluar Negeri. Alhamdulillah, akhirnya tiba juga giliran setelah tiga tahun banting tulang- tumpuk lemak di kantor ini.
Sekred bertanya soal kesiapan, harus cepat karena berangkat tanggal 23. Yang beberapa hari kemudian diralat menjadi tanggal 23 April.Itu Ibarat Musholla yang mengumumkan waktu imsak sejak Adzan Isya berkumandang, ya itu terlalu dini. Sayang itu bukan pernikahan dini *lalu berubah jadi Agnes Monica*

Acara yang diliput adalah inagurasi penerbangan langsung pertama dari Perancis ke Kuala Lumpur oleh sebuah maskapai. Dimana untuk meliput acara tersebut, saya hanya akan berada di negeri Jiran tidak lebih dari 5 jam. Jakarta-Kuala Lumpur-Jakarta dalam sehari. Bayangkan betapa kerennya status jejaring sosial saya ...

23 pagi, Foursquare : @starbucks Bandara Soekarno Hatta , a cup of coffee to stay awake. Gotta go to Malaysia.
23 siang, Path : @KLIA- Sepang Nasi Lemak untuk isi perut, sambil tunggu acara jalan-jalan dulu cari oleh-oleh
23 Malam, twitter : Akkkk temenin cari nasi goreng yuk di jalan sabang! @xxxx
23 Jelang Tidur , KTP : Belum Nikah

Yak kecuali KTP yang statusnya istiqomah sejak 9 tahun terakhir. Status jejaring sosial saya justru mentereng layaknya sosialita, bukan IPAlita apalagi Bahasalita *dikira jurusan SMA*

Membayangkan akan banyaknya rakyat yang syirik akan status itu, dan tubuh yang pasti akan remuk. Saya pun protes ke redaktur,"Mas, apa-apaan nih. Masa tugas ke Malaysia pulang pergi kayak ke Bojong!" begitu kira-kira versi dramatisnya, versi asli dan sopannya banyak disertai kata Maaf :))

Redaktur pun menyarankan untuk extend, sayapun menurutinya dengan pikiran sekalian jalan-jalan. Lalu saya perpanjanglah kepergian itu selama sehari, dan baru pulang dari sana pada 24 April.


Bermodal khayalan, saya harap perjalanan yang akan ditempuh sendiri menciptakan kenangan tersendiri. Syukur-syukur ketemu turunan sultan disana yang masih single. Saya pesan penginapan lewat hostel.com, cari yang murah tapi banyak fasilitas. Lalu dapatlah saya Guest House Anjung KL di kawasan Bukit Bintang dengan tarif MR 48 ringgit semalam untuk single privat room and shared bathroom.

Melangkahkan kaki ke burung besi, saya malah berasa hendak ke tanah suci. Musababnya tak lain karena pesawat yang saya tumpangi kebetulan ditumpangi juga oleh rombongan jemaah asal Lampung yang hendak pergi Umroh. Berseragam batik hijau, begitu pesawat hendak take off, pimpinan rombongan sigap memimpin doa dan diiringi jawaban serentak oleh jamaah. Alhamdulillah, setidaknya saya yakin satu hal. Alloh menjaga pesawat ini...amin.

Tapi, karena isinya rombongan umroh. Bisa ditebak dong klo penumpang didominasi oleh aki-aki dan ninik ninik. Pupus sudah harapan sebangku dengan pria tampan lajang di pesawat laiknya opera sabun di layar kaca.

Sampai Malaysia sekitar pukul 11 lewat waktu sana, sementara acara baru berlangsung pukul 13.30 waktu setempat. Menanti pesawat yang langsung terbang dari Perancis selama 11 jam tanpa henti langsung ke Kuala Lumpur untuk pertama kalinya. Oh oke, biar dipertegas disini, Ya kami akan menyambut para bule yang semalaman penuh ada di pesawat dan belum mandi. Jadi sambil nunggu, saya jalan-jalan aja dulu di Bandara KLIA..di dalamnya ada semacam hutan buatan gitu. Tapi dari seluruh lokasi di Bandara, hutan buatan itu justru paling panas.





Di lokasi, saya langsung diberi rilis oleh panitia. Begitu dibuka, saya ga bisa baca...karena itu bahasa Mandarin. Errrr..mungkin lebih baik klo panitia kasih saya arab gundul sekalian biar bacanya juga dapat pahala. Saya pun komplain ke panitia, lalu dia menjelaskan ada tiga bahasa untuk satu rilis. Inggris, Melayu dan Mandarin. Ebusettt....gak cuma itu, ternyata untuk konpers disana pun pake macem2 bahasa..ditambah sesi khusus untuk bahasa tamil. Repot yess jadi pejabat disono.



Saya ketemu duo jurnalis handal dari tv one disono, Mas Dudi dan Mas Asep klo ga salah. Yang udah 6 taon tinggal di Malaysia dan mengcover liputan se Asia Tenggara. Subhanalloh. Mas - mas ini kemudian bertanya2 soal kondisi terakhir kampung halaman, serta status pembelian Viva Group oleh Chairil Tandjung. Saya jawab semua, dengan imbalan diantar langsung oleh mas-mas sampe penginapan. Alhamdulillah jadi hemat puluhan ringgit.

Tibalah saya di Anjung KL, penginapan yang terletak di Bukit Bintang dan letaknya gak jauh dari Sunge Wang. Tempatnya cukup nyaman, saya dapat kamar yang persis kayak Harry Potter..kamar dibawah Tangga -__-



Istirahat sekitar 3 jam karena capek banget, akhirnya jam 20.00 waktu setempat perut menuntut untuk diisi, dompet merajuk untuk dikuras, dan eksistensi tak bisa dihindari. Jalan lah saya, benar-benar jalan , ke Sunge Wang. Pertama, untuk cari kartu GSM setempat demi terhubung kembali dengan dunia maya. Sempet ketipu 20 Ringgit untuk beli Xpac atau apalah itu namanya tapi sambungannya ga nyala, akhirnya keluarin duit lagi 15 ringgit buat beli Digi dan langsung nyala. Ratu eksis pun kembali hadir di jagat maya..hahahhaha

Ini kawasan penginapan di Bukit Bintang

Disana lagi musim pemilu jadi banyak poster dan tempelan pemilu.

Kedua, beli oleh-oleh buat Bokap. Bokap sih nitip duit Rp 300.000 buat beli kaos........ditambah celana jeans, jam tangan, parfum, ama makanan secukupnya T.T tega benerrr. Lalu dilanjut mau beli merchandise Kpop disana, sayang tokonya udah tutup huhuhuhu.

Saatnya mengisi perut. Mas Dudi sempat saranin kami untuk makan di kedai Ayam Hainan Chi Meng, katanya itu halal dan banyak pegawai Indonesia. Hahaha cuma disana Chi Meng halal, klo disini beli chi meng bisa senasib kaya Raffi Ahmad...*ituhh Cimenggg*. Bener aja dong, sampe sono pegawainya teriak-teriak,"Nduuk, Nasi Ayamnya loro, Mienya telu. Nomor rolas mejane yo," sebenarnya sayahhh ada di manaaaaaaa...

Pulang jalan, sampe guest house saya bertemu Nadia dan Musayah. Dua gadis muslim asal Thailand. Kami pun berbincang, pertama bahasa Pee Mak film Thai yang lagi heboh dan kocak abis dan mengagumi ketampanan Mario Maurer. Lalu ujung2nya bahas Nikita Willy, karena si Musayah ini penggemar berat Nikita Willy ternyata....hadahhhhhhhh

Kenalkan dua kawan baru dari Thailand :)

Esoknya, usai sarapan gratis sebagai bonus booking kamar secara onlen. Kami memutuskan menelusuri Kuala Lumpur sebelum pulang. Dari Bukit Bintang, dengan berjalan kaki kami menuju Petronas huahahaha hampir makan waktu 45 menitan hahaha lumayan gempor. Sampe sekarang aja saya takjub kenapa bisa sampe sana tanpa nyasar, btw yang bikin saya yakin bisa ditempuh dengan jalan kaki karena brosur penginapannya bilang sampe sana hanya 15 menit. Oh saya pikir kayak jalan dari rumah ke Monas, taunya kayak dari Rumah ke Blok M. Nyedh!

Dari gedung kompetitor Pertamina, perjalanan lanjut ke pasar seni untuk sekadar beli buah tangan, karena itu halal. Klo buah dada ga bisa sembarangan soalnya..huahahhaha. Apalagi buah hati, mesti cari teman sehidup semati dulu. Ngek!



Habis dr pasar seni, kami naik LRT ke KLCC terus lanjut ke bandara naik KLIA yang adem abiss dan lumayan mahal. Sampe bandara petugas imigrasi sempet nanya2.

I : Dari Indonesia, darimana ? Jakarta?
G : Iya.
I : Jakartanya mana? Saya sempat kesana
G : Bunderan HI ? Tanah Abang?
I : *muka bingung*
G : Monas ?
I : Ah Monass, dekat itu. Saya dulu ke Dufan
G : *mikir dari mana deketnya Monas ke Dufan*
I : Itu dekat juga dengan Mangga Dua, tahu?
G : * makin bingung, iyaian ajaa dah*

Pesawat baru take off jam setengah 5an waktu setempat. Lagi asik-asik nunggu di terminal keberangkatan, tiba-tiba ada cowok arab tinggi..buka kacamata itemnya terus manggil nama eike,"Gussss..." dan saya pun menengok secara dramatis. Eh Ya Ampunnnn ituh si Bagir, temen teater waktu SMA dulu..sekarang udah jadi tukang parfum tingkat Asia. Gaya bener tuh bocah..hahahahaa capek juga ye ketemu temen SMA di negeri orang.

Si Bagir yang udah beranak pinak pun cerita klo doi ke negeri Jiran buat urusan bisnis parfumnya. Gaya benerrr Girrr. Pas masuk pesawat, udah asik pake sabuk pengaman. Tau-nya ada pengumuman ditemukan dompet jatuh milik "Mrs Gustidha, Mrs Gustidha Donghae?" begitu panggil mbak-mbak dengan logat Belanda yang kental sesuai dengan asal maskapainya. Dan, eh Ya Ampunnnnnn itu nama gueeee! Kok jadi Gustidha Donghae?? Saya pun maju dan menghampiri si Mbak Pramugari. Usut punya usut karena si mbak ga berani buka2 kartu di dompet, yang dia ambil cuma poto yang ada di dompet yang kebetulan gambar Donghae dan dibelakangnya eike tempel card dan coret-coret kaya anak abege..dompet ini milik Ms Gustidha Donghae...hahahahahah Alay abissss.

Gak cuma itu, si Bagir pun nyamperin eike..dan nanya,"Kenape Gus? Ente belom bayar ye ampe dipanggil begitu? Kaga berubah kelakuan dari dulu..hahahahahhaa," sial...kenape mesti ada yang kenal eike di pesawat sih. Tengsin abisss.

2 komentar:

Tatz Sutrisno mengatakan...

huahahahhaha...ngakakk..Ms. Gustindha Dongaee. aminin aja dahh.

Nofiq mengatakan...

Jadi ingat gaya penulisan novel kisah jin Bartimaeus
Coba buat novel mbak