Kamis, 14 Februari 2013

Nama-Nama ala Buku Cerita

Beberapa waktu lalu, gue diberi buku cerita bergambar tentang dunia migas. Pastinya buku ini ditujukan buat para bocah, meski beberapa istilah yang ada di buku itu gue yakin sangat sulit dimengerti oleh si bocah. Yah, secara gue yang udah sedewasa *menghindari kata tua* ini ajaaa masih asing ama kata itu.
Nah, khasnya buku cerita buat anak-anak pasti mereka ada tokoh-tokoh dengan nama tersendiri. Biasanya nama itu singkatan dari karakter si tokoh, misal ; Komo (komodo), Dompu (domba cupu) , Belu ( Bebek belagu) , Ulil (Ulat Bakhil) dan si Sapi itu klo ga salah  namanya Pito (Sapi Tolol).
Nah di buku ini juga nama karakternya macam begitu, terdiri dari Andes si Anak Desa yang cerdas , Camari alias Camar yang mandiri ...bukan BCA *apa sihh*, dan Kepitang alias si Kepiting Tangkas.
Menurut gue, nama-nama itu lucu klo di kehidupan sehari-hari diaplikasikan. Gue keinget punya temen namanya Ismar, mantan wartawan energi, yang ternyata  namanya itu akronim dari Kamis Maret jadi Ismar. Emmm sebenernya nama gue juga begitu sih. GUSTIDHA itu nama pemberian kakek gue yang artinya ; Agustus Idul Adha jadi Gustidha.
Kenape bisa begitu ? Sebab kata emak gue, gue brojol pas bulan Agustus dan pas kakek gue mao nyembeleh kambing di hari Idul adha 26 taon lalu. Kata emak gue lagi, jadi pas kakek gue naroh golok di leher tuh kambing tiba-tiba bapak gue ngebell *ini beneran pake istilah emak gue, doi klo bilang nelepon  ngomongnya ngebell* ngasih tau ke engkong gua klo cucu pertamanya udah lahir.
Macam kisah nabi ye, tapi bedanya itu kambing kaga selamet. Tetep digorok juga ama engkong gue buat jadi sate.
Balik ke jaman sekarang, gue pun iseng mencari kepanjangan asal-asalan dari nama temen-temen gue di iwabil yang labil-labil itu. Gayung hinaan pun bersambut, masing-masing cukup semangat mencari plesetan kepanjangan nama yang sesuai dengan karakter. Begini jadinya ;
1. RAMA : Rajin Makan
2. RISTA : *masih  namanya si Rama juga*  ini ada banyak tapi gue lupa hahahah
3. Rindi : Rindu Ditiduri
4. WILDA : Wanita Penggila Uda-Uda *berhubung padang*
5. RANGGA : Rajin Ngejamah Tetangga
6. VEGA ; Verawan Garut *padahal asalnya dari tasik*
7. IWAN ; Idaman Perawan
8. GUSTI ; Gak Usah diperistri *tabokin yang kasih nama*
9. SOGI ; Sok tapi Ga ada Isi, Sering Oneng Gak ada Isi, Sumpah Orangnye Gak Imut
10. ABUD : Agak Berisik dan Gendut
11. AYU ; Anak Yutub
12. FENI ; Fengen Nikah
13. FERIAL : Ferihhhhnya Cari Laki Arab Lajang *berhubung doi jomblo arab tulen*
Begitulah kira-kira namanya  sebenernya lebih banyak lagi. Udah gue copy itu nama-nama di sophia hasanah. Eh Sophianya malah raib....huuuu...
Jadi ada yang namanya itu ternyata cuma kepanjangan yang disingkat secara paksa gak?
Ps ;
1. Nama-nama karakter si Komo itu asli,cuma kepanjangannya hasil plintiran gue aja
2. SOPHIA Hasanah itu nama blekberi gue yang ilang, dan ya gue hobi namain barang2 elektronik gue. Ini gw sedang mengetik dengan menggunakan si Siti Samsoon.

Tidak ada komentar: