Selasa, 05 April 2022

Review Kdrama 2521 : Ribut aja yok, tvN!

 


Udah lama banget gue gak menulis review soal K-drama, karena biasanyya gue ulas singkat aja di Instagram story. 

 

Tapi, drama 2521 ini wajib banget-banget gue tulis untuk kembali mengingatkan diri gue betapa bahanya mengikuti drama on going yang diproduksi oleh Tvn. 

 

Sebab, bisa berujung :




 

Kdrama selama pandemi makin happening, dan semakin banyak pilihan. Sampai gue bingung mau nonton yang mana, biasanya gw tonton setelah episodenya banyak. 

 

Semakin jarang drama yang membuat gue menggebu-gebu menontonnya setiap episode, sampai akhirnya drama 2521 ini hadir dan menyuguhkan kita tema drama remaja bernuansa 90-an. 

 

Sebagai anak 90-an, wajib banget dong ditonton!

 

Okay, review ini pastinya akan penuh; spoiler, pujian, tangisan, dan makian.

 

Gue akan menulis review drama 2521 dari dua sudut pandang berbeda dan campur aduk, yakni sebagai penikmat drama Korea professional dan elegan… dan sebagai penonton barbar!

 

Sebagai penikmat drama Korea professional dan elegan, berikut adalah review gue:

 

Sewaktu trailer 2521 hadir, menjanjikan actor Nam Joo Hyuk dan Kim Tae Ri serta wajah-wajah baru dan tema 90-an, sudah sangat mencuri hati ini. 

 

Apalagi waktu tahu yang garap adalag tvN dan Studio Dragon, duet maut ini gak pernah kaleng-kaleng kalo produksi drama. Kalo udah ada Studio Dragon bisa dipastikan hasilnya sangat sangat sinematik level berlian. Produksinya di antaranya; Goblin, The King Eternal Monarch, Kingdom.. kebayang kan?

Opening 2521 dibikin dengan ukuran square ala-ala tv tahun 90an, semuanya sangat rinci. Produk-produk yang dipakai para aktor dan aktris, tren fesyen dan riasannya. 

 

Contohnya di episode terakhir, saat adegan Yi Jin dan Na Hee Do di terowongan, tas Prada yang dipakai Na Hee Do ya emang seri yang ada di tahun 2000an itu. Segitu detailnya lah..

 

Dari sisi soundtrack pun, disadarin apa enggak, beat dan iramanya disesuaikan dengan musik era 90-2000an. 

 

Selama 16 episode, cerita yang dikemas pun cukup lengkap. 

 

Berkali-kali episode di serial ini sukses membuat tersenyum, ketawa, gemas, dan bahkan menangis. 




 

Karakter 5 sahabat yakni Na Hee Do, Yu Rim, Baek Yi Jin, Seung Wan, dan Ji Woong berkembang cukup rinci di setiap episodenya. 

 

Bahkan ya, perkembangan karakter dan fisik ini bisa tertangkap secara apik dari penampilan Na Hee Do di usia 18 tahun yang berubah ketika dia berusia 21 tahun. Se..ba..gus.. itu!

 

Memang drama ini wajib banget dipuji. 

 

Gue suka bagaimana drama ini menggambarkan persahabatan Na Hee Do dan Go Yu Rim. Bermula dari penggemar dan idola, perkawanan online via chatting, competitor, enemy to lovers, dan love fools. 


adegan rujuk yang bikin terharu 


 

Adegan-adegan pertandingan anggar dikemas dramatic dan sinematik, sampai kita ikut tegang. 

 

Persahabatan Na Hee Do dan Go Yu Rim bener-bener menyentuh, mereka memang ditakdirkan untuk bersama. 

 

Episode lain yang menyentuh dan bikin gue menangis adalah saat Seung Wan dan Ibunya memutuskan untuk melawan pihak sekolah. Wowww.. you go girl!

 

Tentunya, kita harus masuk mengulas si kisah utama yakni Na Hee Do dan Baek Yi Jin. 




 

Serial ini menyajikan kisah cinta pertama yang manis, passionate, dan realistis. 

 

Di akhir episode, meskipun endingnya tidak sesuai harapan, ini adalah drama yang gue kasih tepuk tangan karena ceritanya yang begitu kuat dan manis. 

 

Iya, gue paham, si penulis menginginkan kita mengapresiasi romansa yang realistis di mana dua sejoli lebih memilih jalan hidup masing-masing dan saling menguatkan dari jauh. 

Sehingga, endingnya menjadi bitter sweet. 

 

BITTER SWEET BITTER SWEET! MAKAN NOH KUE BITTER SWEET BY NAJLA!!!!!!!!!

 

Mohon maaf nih ya penulis dan tvN, kita bukannya gak paham. PAHAM BANGET KITA, TAPI KITA GAK MAOOOOOOOOOO!

 

Bisa aje gue berpikir elegan bla bla bla, tapi gue KAGA MAO!




 

Enak aja lu menyuguhkan kami drama yang realistis, ketika realita kehidupan kami malah seperti drama!

 

Kalo berita aja bisa bohongin kita, MASA DRAMA YANG MESTI KASIH KITA KENYATAAN?!!!!

 

Lu kalo mao bikin film yang realistis, bikin documenter sono jangan bikin drama Korea!

 

Lu perlu tahu ya, film documenter di Indonesia aja yang berjudul G-30s PKI sampai sekarang malah dipertanyakan kebenarannya! Berani-beraninya lo tvN ngasih kita drama yang sok sok realistis. 



 

Lu lupa apa gimana???

 

Lu pernah bikin Goblin jadian sama Manusia?




 

Tentara Korut jadian ama pengusaha perempuan Korsel yang nyangkut di pohon!




 

Mafia Italia jadian sama pengacara? Ikan duyung sama manusia, gumiho sama manusia. 

 

Perkara beda alam aja bisa lo bikin bahagia meskipun ada resiko penonton jadi musyrik, ini timbang bikin reporter sama atlet nikah aja kaga bisa!!!! Amnesia luuuu?

 

Gue kasih tahu ya, kalo ngomong soal realistis, bukan tidak mungkin atlet anggar nikah sama jurnalis. TEMEN GUE BUKTINYA.

 

Gue punya temen namanya Sutji Decilya, jurnalis. Nikah sama suaminya yang saat itu bekerja sebagai atlet anggar. Tusukan anggarnya sangat hebat, Sutci sekarang udah punya 3 anak!

 

KAN, APA YANG MUSTAHIL! Jangankan nikah, sampe beranak 3 juga bisa kalo lo emang mau bahagiakan kami tvN!


gue tusuk lo tvN!


 

Iya, gue paham, ketika pasangan terus saling memaafkan, lama-lama rasa cinta mereka akan habis. Jadi sebelum cinta yang mereka punya berubah jadi benci satu sama lain, lebih baik berpisah. 

 

GUE PAHAM!

 

Tapi kagak maoooo!


ini aku, yang emosinya lagi dibakar habis-habisan oleh tvN


 

Selama 15 episode gue mencoba untuk berbaik sangka dengan dirimu tvN. Mengingat Nam Joo Hyuk selama ini adalah spesialis happy ending (tapi gue lupa kalo Kim Tae Ri spesialis sad ending).

 

Dari awal lo bikin kita mikir ini, perkara anaknya Na Hee Do marganya Kim, Kim Min Chae. Tapi kisah cinta yang diangkat justru dengan lelaki bermarga Baek… Baek Yi Jin. 


Marganya doang Baek, endingnya Kaga Baek!


Baek Yi Jin yang kisah cintanya tidak berakhir baek baek


 

Sumpah tvN, sampai hari ini gue buka medsos masih sakit hati kalo liat potongan potongan drama 2521. 




 

Temen gue sampe bilang, biasanya gue cukup rasional dalam mengantisipasi kisah drama Korea. Tapi untuk 2521, enggak, gue pake semua emosi gueeeee!

 

Perasaan gue untuk ending drama ini persis diwakili oleh tukang pulsa di episode 16. Cuma gara-gara mau putus paket pulsa couple aja, udah kaya nyaksiin orang cerai. 

Sungguh tega dirimu tvN. 


Kang Pulsa yang mewakili emosi penonton


 

Tapi udahlah, gue sangat berterima kasih untuk drama yang sangat epik ini dan memutuskan untuk menonton ulang…hanya sampai episode 14 saja. Demi kesehatan mental. 


Buat para penonton yang masih tidak terima dengan ending 2521:





 

Bulan Ramadan ini, gue doakan semoga tvN bertobat dan tidak menciptakan drama-drama yang mengakibatkan penonton traumatis di masa mendatang. 

 

Amin, ya Robbal Alamin. 

Ps: 

Satu hal lagi yang bikin gue sangat sedih adalah, drama ini diangkat dari sudut pandangnya Na Hee Do. Kisah cinta pertama Na Hee Do. 

Tapi dari sisi Baek Yi Jin, dari awal-awal episode, Baek Yi Jin fall deeper than Na Hee Do. Cuma karena Baek Yi Jin tahu Na Hee Do masih anak sekolah, dia pendam perasaannya. Sampai akhirnya momennya pas, dan dia bisa mastiin Na Hee Do punya rasa yang sama, akhirnya dia nyatakan perasaannya.

Na Hee Do hadir di titik terendah Baek Yi Jin, sementara Na Hee Do terus bersinar, Baek Yi Jin juga ingin ikut berkilau dan memutuskan tidak boleh membuat malu pacarnya. Sampai Baek Yi Jin menemukan pekerjaan yang dia passionate, dia ingin yang terbaik untuk bisa pantas berdampingan dengan Na Hee Do. Ingin jadi yang kuat dan ga bebanin Na Hee Do. 

Begitu Na Hee Do minta putus, karena itu permintaan datang dari orang yang paling dia sayang, dia pun memenuhinya. Buat Baek Yi Jin, kebahagiaan Na Hee Do paling utama. 

Loph Mas Baek Yi Jin!

2 komentar:

Kim Minchae mencari bapaknya mengatakan...

Ya Awloh TVN, loe tu ya bukannya ngumpulin pahala, malah ngumpulin dosa. Setuju 1000% sama tulisan ini. GA PERLU LOE KASIH KITA DRAMA, HIDUP KITA SENDIRI DAH DRAMA, TABOK NI TIPIEN!!! But overall, emang ini drama ciamik banget acting, lokasi, sinematografi, cast and crewnya patut dapet award sebanyak banyaknya. Cuma writernimnya aja perlu dirukiyah kebanyakan dimaki maki sama fans >.<

MbakGoes mengatakan...

WOY KIM MIN CHAE! wkwkwkwk