Minggu, 04 September 2016

Ganti Nama!!

Setelah didiamkan dan dipelajari berbulan-bulan....akhirnya kembali posting di blog ini :D

Eh tapi ada yang sadar kalo ada yang beda, gak ? (sok-sok kasih sinyal minta diperhatiin).
Coba di lihat dong di paling atas, di samping tanda huruf B orens itu....Yup nama blognya berubah.

Semula nama blog ini adalah : gustidha.blogspot.co.id
Sekarang jadi : www.mbakgoes.com

Kenapa mesti diubah sih ? Dan kenapa namanya jadi mbakgoes gitu ?
Ada beberapa jawaban untuk dua pertanyaan di atas. Eyaaaa banget ya. Tapi yang paling penting adalah saya mau benahin blog yang sudah bertahun-tahun saya pakai ini.

Kenapa pengen saya benahin ?
Jawabnya simple, biar kekinian kaya Awkarin (gak nyambung sih jawabannya emang).
Saya mulai ngeblog di sini sejak tahun 2004 kayaknya atau 2005, berarti alamat blog ini sudah lebih dari satu dasawarsa saya pakai. Dari yang tampilannya cuma warna ungu biasa sesuai dengan template yang dikasih si blog, dan isinya tulisan doang. Terus berkembang sampai sempat dipasangin lagu, cursor yang bergerak-gerak, pokoknya sesuai tren yang berkembang.
Tapi saya gak pernah punya hosting sendiri!!! Begitu pula dengan lay out-nya....jelek banget , yang sekarang ini bisa dibilang mendingan lah ya.

Kekuatan blog ini selama bertahun-tahun ada di tulisan dan cerita-ceritanya (ehem), bukan gambar atau tata letak yang menarik. Alhamdulillah, biar kata tampilan acak adut masih ada aja yang mampir di blog ini. Jadi ya saya diemin aja bertahun-tahun.



Satu dua tahun belakangan, saya mulai merasa perlunya mengupgrade blog dan lebih memanjakan pembaca (uhuk), lagi pula yang punya blog kan juga makin kece...masa blognya gitu-gitu aja. Niat ini kemudian saya breakdown satu-satu, apa kira-kira yang diperlukan untuk membuat blog yang kece.

- Mesti punya kartu kredit
Buat beli web hosting dll ga bisa via transfer atm atau samperin abangnya
- Mesti pengadaan kamera canggih supaya gambar di blog ga burem (karena sekarang generasi visual)
- Mesti punya web hosting sendiri
- Mesti nanya-nanya orang yang jago
- Mesti punya waktu

Syarat paling bawah adalah paling susah karena selalu berhadapan dengan rasa malas.
Selama ini saya gak pernah nyangka kalau yang tertarik baca blog ini lumayan ada lah ya (mau bilang banyak tapi belom sampe). Nah saya kepikiran, sayang aja kalo masih numpang gratisan ama blogspot, kuatir ada pembaca yang mikir. “Ih, si mbaknya itu udah kece tapi ngeblog aja masih pake gratisan kaya situs abal-abal aja.” -> Ada gak yang mikir gitu ?

Soalnya, pengalaman saya sendiri sewaktu jadi wartawan hobi banget nyinyir kalau tiba-tiba di grup whatsapp ada yang sebar link informasi, terus pas di klik link url-nya nyasar ke situs-situs gratisan.  “Dih situsnya aja gratisan, mana gue mao percaya infonya!” Gitu.

Nah supaya gak menelan nyinyiran diri sendiri akhirnya saya beli web hosting. Biar kalian tahu kalo buat mosting blog ini butuh modal jadi postingannya pasti ga sembarangan. Haha!

Sekurang-kurangnya saya butuh 1 tahun untuk Feasibilty Study pembelian web hosting. Denga kegaptekan dan kebingungan saya, saya tanya sana-sani. Apa baiknya beli hosting terus bikin blog baru ? Atau pakai blog lama tapi gimana caranya dialihkan ke web hosting ?

Jujur berat buat saya ninggalin blog ini, karena biarpun berantakan banyak kisah yang terjalin antara saya dan blog ini. Mulai dari postingan yang viral, tawaran nulis buku, tawaran posting endorse-an, sampe akhirnya buku gak jadi diterbitin juga, Haha! Jadi blog ini wajib dipertahankan.

Ada yang nawarin bikin web hosting baru dengan import blog ini ke sana. Tapi saya ga paham dan kayanya jasa-jasa itu lebih bersifat instan ya karena hanya menawarkan performa sesuatu yang baru. Sementara keinginan saya untuk terkoneksi dengan blog ini pada susah memberi jawabnya.
Akhirnya saya coba sendiri aja, bismilllah dah ketemu bahasa-bahasa yang saya gak ngerti macam : DNS, TXT, CNOME, dll

Apalagi petunjuk-petunjuknya saya cuma modal gugling, sampe 2 hari demi ganti nama karena saya gak ngerti istilah-istilahnya. Di tengah jalan sempet panik karena hosting yang dibeli pas dimasukin ke blogspot sempet error...yang ternyata dalam proses ganti nama di blogspot itu wajar. Dan taraaa..berhasil.

Terus, kenapa mesti mbakgoes ?

Awalnya tadi saya gak mau orang kalau gugling nama saya gampang ketemunya :D

Apalagi nama saya ini kayanya cuma satu satunya di Indonesia. Kalo misalnya ada orang BIN atau calon jodoh kepo sama saya, gugling dikit udah nongol paling atas kalo pake nama blog yang dulu. Apalagi nama blog yang dulu dibuat taon 2004, ketika saya masih khilap2nya.

Akhirnya saya pilih ganti nama. Tapi barusan saya gugling nama sendiri gak ngaruh, karena yang nongol masih blog ini di paling atas ...huaahahhahahahaha kan lolot banget sayah!

Pemilihan nama mbakgoes juga karena saya gak mau dikira lelaki :D , nama yang macho membuat saya sering dikira lelaki. Biasanya saya pakai Jeng Goes untuk di BBM atau whatsapp, tapi kalo dijadiin nama situs...agak aneh karena harus didempetin. Ya akhirnya saya pakai mbakgoes aja, karena lebih simple dan kayanya catchy. Eyaaa...

Baeklah, ke depannya saya kayaknya bakal utak-atik settingan template biar makin ciamik kaya blogger emak-emak ataupun dedek dedek yang hitz itu.

See you soon :*


1 komentar:

Rika Nova mengatakan...

di jogja ada rumah makan padang yang ganti nama.
aku lupa nama awalnya apa, tapi nama barunya adalah "ganti namo".
sekian.
ga nyambung sih, tapi postingan ini mengingatkan sama rumah makan padang ganti namo :D