Selasa, 17 Juni 2014

e-Book Buat yang Sibuk


Well, setelah sekian lamaaaaaa (banget) gue tidak menamatkan buku. Akhirnya kali ini gue berhasil menamatkan tiga buku sekaligus dalam dua hari! Yeayyyy....

Untuk merayakannya gue mewajibkan diri untuk mereview buku tersebut di blog yang (almost) famous ini!

Tapi itu nanti. First of all, sebelom masuk ke review di posting mendatang, gue mau cerita dulu kenapa gue bisa melumat tiga buku dalam dua hari. Apa gue punya waktu seluang itu ? Yes , i have ternyata and all thanks to technology named e-Book.

E-book sebenernya bukan barang baru, tapi baruuuu bisa gue optimalin belakangan hari. Buat baca buku digital biasanya dulu gue baca format PDF di laptop ato hape...tapi ga nyaman banget dan PDF means illegal. Jadi gue merasa bersalah pas bacanya...*tapi tetep gak mau dihapus..hiks*

Aplikasi buku digital sebenernya bisa optimal dari dulu seandainya Apple cukup percaya sama Indonesia :( , tapi berhubung perkakas Apple yang gue punya cuman Ipad...ga ngaruh juga. Masih terlalu gede dan ga praktis.

Yup, dulu gue bisa baca novel sambil duduk di bus. Tapi sekarang ga banget, soalnya ; 
1. Berat , 2. Pusing, 3.Gak kece..... (Alasan nomor tiga bisa diputer ke pertama). 
Ya iyalah, misal di bus ato di tempat umum ketahuan lagi baca "50 Shades of Grey" misalnya.....kan tengsinnnnn. Nanti gue dikira perempuan berimajinasi liar (padahal iya).

Nah seorang kawan dekat menyarankan gue pakai aplikasi gugel, playbooks. Dan wuohhhh ajaib! Bukunya update, harganya lebih murah ketimbang beli di toko buku , dan praktis karena enak dibaca meski di layar hape gue yang sekitar 3,5 inchi kayanya. And.....amazingnya sambil baca di hape ga bikin pusing-pusing amat ternyata.

Gue bisa baca sambil nunggu narsum, nunggu rapat, nunggu buang hajat, dan nunggu jodoh datang. Wow..mejik! Gue pun sadar ternyata emang waktu buat menunggu itu mubazir klo ga dimanfaatin.

Buat beli e-Book lumayan lengkap emang paling nyaman masih di android. Ada beberapa toko buku yang nyediain jasa buku digital kaya Gramediana atau Scoop..tapi koleksinya sedikit. Hiks. Sementara gue sebagai ratu update itu ga mau ketinggalan apapun yang lagi booming di luar sana alias kepo ga ketulungan kalo denger2 ada yang lagi jadi bahan omongan ama warga luar.

Cuma emang kelemahan buku digital versi android ini, meski kita udah bayar, tetep mesti baca dengan sambungan internet. Ga kaya iBook Apple, sayangnya ya itu Apple belom percaya penuh buat jualan buku di Indonesia kayanya. Padahal gue janji,klo dia mau buka akses gue bakal hapus semua memori gue tentang mantan gebetan *lohhhhh*.

Soal harga, gue ga bohong. Kemarenan gue beli The Selection by Kiera Cass di playbook cuman Rp 60ribuan. Sementara klo beli buku jadinya, yang gue lihat di Kinokuniya, bisa sampe Rp 120ribuan. Tuh kannn!

Masalahnya emang godaan jadi makin berat, tanpa berasa gue udah beli 4 buku di ini aplikasi. Gak berani gue liat tagihan kartu kredit bulan depan, apalagi stiker-stiker alay di LINE makin menggoda....ahhhhhhh..

Baiklah, sebelom saya tutup tulisan ini saya mao promo sesuatu dulu dari kawan saya. 

Bagi yang hobi baca cerpen, novel yang inspiratif...monggo loh ikutan lomba nulis di bawah ini. Deadline-nya masih 1 Juli besok..bisa dikebut lah ya. Siapa tahu bisa dapat hadiah Umroh...

Info lengkap bisa kontak yang ada di gambar ya....



Wassalam
(Berhubung abis ngumumin lomba nulis yang syariah , nutup pun pake salam. Padahal tadi pas di awal  ga dibuka ama salam....heheheh)




Tidak ada komentar: