Selasa, 02 Juni 2009

AHAD..... katakanlah dengan ikhlas ^_^



Ahad...
bisa berarti satu, esa atau nama hari pertama dalam bahasa Arab
Ahad merupakan sebuah istilah..
tapi arti Ahad ini tiba-tiba menjadi penting buat gw pribadi setelah ikut kajian antar kantor beberapa waktu lalu

mengangkat tema “Generasi Ahad” dibawakan dengan begitu santai tapi tetep mengena..beginilah singkatnya (ini pake bahasa versi gw ya)

Loe pasti udah denger bukan kisah Bilal sang muadzin yang berkulit eksotis..beliau disiksa di tengah padang pasir oleh kaum quraisy..dipaksa untuk mengakui Tuhan selain Allah..pada saat itu apa yang Bilal teriakkan?..yups
“AHAD!!!!..AHAD!!!!...” berkali-kali..walaupun dia disiksa..tapi Bilal tetep kekeuhhh menyerukan kata AHAD....
Bilal salah satu sahabat yang masuk islam di awal..statusnya sebagai budak yang selalu disiksa dan dianiaya oleh kaum quraisy tak menggentarkan nyalinya untuk terus berseru AHAD..
penderitaannya lebih berat dibanding siapapun umat islam yang ada saat ini , lantas pernahkah kita menyerukan kata AHAD ?

Pernah kok gus..pan saben Sholat kita baca tuh Qulhuallahu Ahad... (surat favorit tiap umat niy kayaknya..)
ya iyasiy..gw juga saben hari baca tuh surat..tapi pernah gak loe ngeresapin artinya..gw kasih dah niyyy..

Katakanlah: "Dialah Allah, Yang Maha Esa".
QS. al-Ikhlash (112) : 1
Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia ".


Coba baca tuh arti berulang-ulang!
Surat itu benar-benar menekankan keTauhidan..disitu Allah seakan mengingatkan kesalahan umat-umat yang terdahulu..yang menyetarakan Allah dengan makhlukNya..
“Tenang gus, itukan zaman dulu..zaman sekarang mah kagak”--->ceritanya temen gw komentar
Eits..sapa bilang..lo aja pada kagak tahu , usaha untuk menghancurkan ketauhidan umat islam akan terus ada sampe akhir zaman cuy..perlahan tapi pasti..mulai dari hal kecil sampe hal besar..
Contoh paling gampil..sebutkan nama-nama hari di Indonesia
“Gampangg..senin..selasa..rabu..kamis..jumat..sabtu..minggu”--->ceritanya temen gw lagi
Baguss, sekarang gw tanya bahasa kite pan banyakan bahasa serapan tuh..klo nama hari diambil dari bahasa apa? Yups..Arab
coba sekarang kita bandingin
al – ahad-----> Minggu
al-Itsnayn (Senin)
ats-Tsalaatsa' (Selasa)
al-Arba'aa / ar-Raabi' (Rabu)
al-Khamiis (Kamis)
al-Jum'aat (Jumat)
as-Sabt (Sabtu)



nahhh trus hari Minggu beda sendiri tuh...beda ama arab..di Arab hari pertama digunakan kata Ahad..kenapa di kita jadi Minggu?
Usut punya usut..rujuk punya rujuk..Minggu berasal dari kata Minggos tepatnya Do Minggos (Hari Tuhan)..Tuhan disini merujuk lagi ke Dewa matahari ,kata minggos ini juga gak bisa dipisahin dari kata Sunday (hari Matahari)
Kenapa dinamakan Sunday ? Menurut om Dan Brown (pengarang nopel ternama) disebut Sun Day adalah karena pada hari tersebut para pemuja matahari biasa melakukan ritual keagamannya

Sementara menurut beberapa sumber lain ini terkait dengan kebiasaan bangsa-bangsa dahulu (kaum pagan) yang suka memuja Dewa Matahari yang menamakan hari itu menjadi Do Minggos(Hari Tuhan).. kebiasaan ini juga masuk ke Timur-tengah loh
oleh karena itu nama hari pertama diganti oleh Islam menjadi AHAD! Untuk menghilangkan unsur pagan itu ..sekaligus menekankan bahwa tidak ada sembahan lain kecuali Allah..

jadi otomatis kalo kita menyebut hari pertama dalam pekan dengan menyebut 'Minggu' berarti kita menyebutkan dewa matahari dan mengabaikan yang AHAD..(padahal sudah diganti..tapi tetepp aja..selalu ada seribu cara untuk melemahkan iman emang..ckckckck)
Sebenernya ada lagi satu jabaran pentingnya menggunakan kata AHAD .. ama si pembicara waktu itu siy dikaitkan dengan bumi yang lagi disiksa dan selalu menyerukan kata AHAD..hal ini terlihat dari banyaknya bencana yang terjadi di bumi ini terjadi di hari Ahad
Mulai dari gempa gujarat tahun 2001 ,Tsunami 2004 ,Gempa Iran 2003 ,China Oktober 2003, Japan 2003...Klo kata pembicaranya siy Bumi yang saat ini disiksa oleh manusia (global warming critanya) sedang menyerukan kata Ahad...(klo ini gak usah dihubungin juga gapapa..tapi waktu itu kok gw takjub ya liat presentasinya yang sangat ilmu terapan..ckckckkckc

Well, begitu aja dulu kali ya...AHAD memang sebuah istilah..tapi sarat makna.
Tidak ada paksaan untuk membiasakannya...boleh dipake..boleh tidak

Makanya surat Qulhu (begitu orang tua nyebutnya) yang paling banyak menekankan keTauhiddan disebut sebagai surat Al-Ikhlas...kenapa gak surat Ahad aja....kan sama tuh bunyinya kayak Al-falaq atau An-naas..
karena emang butuh keiklasan yang mendalam untuk membiasakan diri dengan kata Ahad...
coba deh dari sekarang...
say Ahad..with ikhlas..^_^v

4 komentar:

Henny mengatakan...

plok..plo..plok..plok...nice topic, gus. Dapet ilmu baru nih, setelah sebelumnya gw jg baca buku2nya si oom Dan Brown yg bikin gw terus bertanya2 hehehehe.

deeedeee mengatakan...

Hm.. agak jengah aja sih kalo bilang ahad.. tp diusahakan dey ;)

@guz_tidha mengatakan...

gapapa..gak dipaksakan kok... yang penting ikhlas ^^

Anonim mengatakan...

wow....thx a lot pnjlsnya, ahad tau tp blm sering mnggunakan krn ga taw alsnnya. kmrn ktika tmn ngotot blg minggu dn sy ahad br deh cr knp2nya.