Selasa, 26 Mei 2009

Chew..Chew.. Ternyata Mengunyah Makanan secara Perlahan itu banyak Manfaatnya Lohh!



Now we talk about kunyah mengunyah....(halah apa siy di mix gini)...
Begini bermula dari iseng markiseng ceritanya gw pengen ngidupin salah satu sunnah Rasulullah SAW..trus gw pikir-pikir lagi cari yang lebih aplikatif aja , dan pilihannya jatuh ke soal makan.

Udah pada pernah dengerkan , bahwa ada salah satu hadits yang menganjurkan kita untuk makan dengan tidak tergesa-gesa (perlahan)..dan tafsiran dari hadis ini pun beraneka ragam ada yang bilang dengan mengunyah sebanyak 32 kali, 33 kali, 40 kali. Hal yang gak usah diperdebatkan , berarti gw tinggal ambil kisarannya aja diatas 30 – 40 kali kunyahan sekali makan.

Gw pun mencoba...dan ternyata butuh kesabaran luarrrr binazza, biasa klo makan langsung telen disuruh ngunyah ampunnnnn deyyy....pada inget gak dulu waktu SMA kan ada praktek biologi untuk mengeluarkan glukosa dengan cara mengunyah..nah persis kayak gitu.gw mengunyah sampe rasa manisnya nasi keluar..

sekali..duakali..duapuluhkali...nyam.nyam...chewing..chewing....
Dan...gw merasa kenyang, begitu liat ke piring...OMG ternyata porsi makan gw berkurang hampir seperapatnya (berarti cuman makan ¾ porsi)...ehm
gw juga pernah denger siy katanya menurut penelitian saat kita makan sebenernya perut kita udah kenyang , tapi karena otak belum menerima sinyal dari perut untuk stop maka otak akan berpikir klo kita masih butuh asupan makanan , nah dengan mengunyah lebih lama ini akan memberikan kesempatan bagi perut untuk menyampaikan sinyal ke otak dengan tepat. Jadi kita bisa berhenti makan sebelum kenyang , sesuai anjuran Rasul...^^
Klo dipikir bener juga siy , karena pasti kita pernah makannn terussss...tahu-tahu perut kita kembung dan gak sanggup nampung kan , itu efek terlambanya sinyal tanda kenyang ke otak oleh saluran pencernaan kita.

Akhirnya gw coba untuk mempraktekkannya dua hari, dan WOW ..... berat badan gw turun setengah (½) Kg , ckckckkckckc...cukup dengan pola mengunyah makanan saja.



Kok bisa siyyy ? Bukannya semakin lama kita mengunyah maka energi dan kalori yang terhisap harusnya semakin maksimal kan dan kita bakal semakin gemuk ? ow..ow...ternyata gak gitu dear

Nih ada sebuah penelitian di Universitas Rhode Island , Kingston (kayak merek flashdisk ya..hehehe^^v), Amerika yang dilakukan oleh Ana M. Andrade
Andrade menguji kebenaran teori tersebut terhadap 30 wanita yang diminta untuk makan pasta dalam waktu yang berbeda. Hari pertama, ke-30 wanita ini diminta untuk makan secepat mungkin tanpa ada jeda di antara suapan. Lalu pada hari kedua mereka diminta untuk makan dengan sepelan mungkin, dengan jeda di antara suapan. Mereka juga harus mengunyah makanannya 20 sampai 30 kali.Hasilnya, mereka yang makan dengan perlahan dan mengunyah makanannya dengan tekun dapat mengurangi jumlah kalori yang mereka santap hingga sekitar 70 kalori!!!!





Ada juga penelitian yang dilakukan oleh Prof.Hiromi di Jepang..menurut beliau, makanan itu katanya, harus dikunyah minimal 30 kali. Bahkan, untuk makanan yang agak keras harus sampai 70 kali. Bukan saja bisa lebih lembut, yang lebih penting agar di mulut makanan bisa bercampur dengan enzim secara sempurna, dan enzim bisa bekerja secara maksimal



Hohoho, ternyata mengunyah secara perlahan sesuai anjuran Rasul ini toh manfaatnya. Yuk diterapin...gw dah praktekkin teori ini 2 hari...kita lihat aja hasilnya dalam waktu sebulan nanti....hehehhehe....Selamat Mencoba

4 komentar:

deeedeee mengatakan...

nice info, Gan! :D

hehe.. salam kenal ya,, gw temennya efa ;)

@guz_tidha mengatakan...

thanks 4 visit sis....^^

pkskelantan mengatakan...

cari literatur, ketemunya blog ini.
btw, postinganya sangat bagus.

salam kenal

Halaman ku mengatakan...

Bagoez...bagoez..gus, hehe..

Gw lagi nyari2 bahan ttg cara makan n hubungannya dgn ngunyah 33 kali ktemu blog nya gusti yg ini..ngebantu deh ..

trimzz..btw ntr gw ikutin ah sarannya..